Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk

Kalian pernah ga sih di tegur orang tua saaat kecil ketika saat orang tua sedang mengobrol bersama tamu di rumah tapi tahu- tahunya kalian malah ribut dan bermain- main sehingga mengganggu pembicaraan mereka. tahu ga sih kenapa mereka sampai mereka harus menegurmu itu karena mereka mau kamu tetap terlatih untuk menghargai orang lain, dan mengingikan agar kamu belajar apa itu sopan santun agar tidak menjadi kebiasaan buruk untuk kamu.
Nah, cerita dari kebiasaan buruk pastinya akan selalu ada pada diri seseorang hal ini kadang di akibatkan suka melalai kan kebiasaan baik. Sebenarnya apa sih kebiasaan buruk itu ?
sebelumnya aku mau kasih tau dulu ya kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan seseorang seperti suka mengupil depan umum, kentut sembarangan, hobi menghaburkan uang, menunda- nunda pekerjaan, mengabaikan bangun pagi dan banyak hal lainnya.

Pengertian Kebiasaan Buruk

Definisi menurut (KBBI ) Kebiasaan yaitu antar pola untuk melakukan tanggapan terhadap situasi tertentu yang dipelajari oleh seorang individu dan yang dilakukannya secara berulang untuk hal yang sama.
Seperti di ketahui kebiasaan buruk umumnya diartikan sebagai kebiasaan yang memiliki dampak buruk atau negatif bagi pelaku. Kebiasaan tersebut biasanya dikenal juga sebagai kebiasaan negatif. Itu kebiasaan buruk yang dibicarakan adalah aktivitas yang menghambat diri kita untuk tidak berkembang. Kebiasaan buruk sangat berpengaruh negatif pada aktifitas sehari -hari. Di dalam ilmu psikologi, kebiasaan lebih populer disebut sebagai conditional response atau yang memiliki arti sebagai respon yang telah terkondisi. Yang mana hal itu memiliki pengertian sebagai suatu perilaku yang pada dasarnya diulang-ulang terus- menerus di dalam suatu situasi tertentu. Para Psikolog mengambil kesimpulan dari definisi kebiasaan yang dianggap sebagai suatu tindakan atau perilaku yang terjadi dengan sendirinya ( otomatis ). Hal ini dikarenakan hubungan yang telah dianalisis antara suatu situasi dan respon yang kita berikan terhadapnya.
salah satu dampak kebiasaan buruk yang berdampak bagi diri sendiri, adalah dapat menghambat kesuksesan di masa depan. Contohnya kebiasaan yang dimiliki oleh orang yang gagal adalah kebiasaan suka menunda- nunda pekerjaan yang ada, tidak menghargai waktu, tidak disiplin, dan tidak mau untuk mencoba sesuatu hal yang baru.

Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk

  1. Sibukkan Dengan Kebiasaan yang berbaur hal yang Positif
    kebiasaan buruk adalah hal yang negatif, maka untuk melawannya hanya dengan melakukan kebiasaan- kebiasaan baik atu positif. Penuhi pikiran kamu dengan hal- hal positif. Seperti fokus pada apa yang kita miliki, buat jadwal atau to do list. Membuat to do list setiap hari adalah kebiasaan baik yang dapat mendorong kesuksesan kamu dalam pekerjaan. sebab dengan membuat jadwal atau daftar tugas tersebut kamu bisa mengola waktu dengan lebih efesien setiap harinya Sehingga lebih produktif.
  2. ubah pola pikir
    perubahan harus dimulai dari diri ,kamu sendiri. Lebih dalam lagi, kebiasaan buruk harus mulai diubah dengan mengubah pola pikir.saat berusaha mengubah pola pikir, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru namun tetap konsisten.
  3. Bangun lingkungan yang mendukung
    perubahan memang berawal dari diri sendiri. Tapi kalau lingkunganmu tidak mendukung, mengubah kebiasaan lama atau buruk mu pun akan terhambat dan kamu akan memiliki kesulitan. Kamu perlu mencari lingkungan sekitarmu yang dapat mendukungmu agar kebiasaan burukmu tak lagi mempengaruhi kamu.
  4. miliki komintmen dan target yang harus dicapai
    kamu tentunya punya tujuan hidup ke depan seperti kamu berkeinginan suatu hari nanti akan punya rumah dan sebagainya. Maka da itu kamu harus mmemiliki komitmen dan target untuk mencapai keinginanmu tersebut, contohnya saat ini kamu suka menghabur- haburkan uang.  Maka karna memiliki target yang harus dicapai jangan biarkan kamu terpengaruh untuk menghambur- hamburkan uangmu tetapi simpanlah dan usahakan. Agar tetap menahan diri untuk mengeluarkan uang pada hal- hal yang tidak begitu penting kamu beli.

Related Posts